Cara Mengetahui Tanda dan Gejala Penyakit Diabetes Mellitus

Cara Mengetahui Tanda dan Gejala Penyakit Diabetes Mellitus - Cara Mengobati Penyakit Diabetes Mellitus secara alami, Penyakit  diabetes melitus yang juga dikenal sebagai penyakit kencing manis atau penyakit gula darah termasuk golongan penyakit kronis yang ditandai dengan peningkatan tekanan gula darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme di dalam tubuh. Dimana organ prankreas tidak mampu memproduksi Insulin sesuai kebutuhan tubuh. Selain itu, penyakit ini juga diakibatkan terganggunya proses metabolisme gula darah di dalam tubuh, sehingga kadar gula dalam darah menjadi tinggi.
Normalnya, kadar gula dalam darah seseorang berkisar 60-120 mg/dl, sedangkan kadar gula darah pada seseorang yang mengidap diabetes adalah saat puasa lebih dari 126 mg/dl dan saat tidak puasa atau normal lebih dari 200 mg/dl.
Cara Mengetahui Tanda dan Gejala Penyakit Diabetes Mellitus
Cara Mengetahui Tanda dan Gejala Penyakit Diabetes Mellitus
Penyakit diabetes melitus yang biasa dikenal dengan kencing manis ataupun penyakit gula ini  dapat dibedakan menjadi 3 bagian yaitu :
  • Diabetes Melitus Tipe 1
  • Diabetes Melitus Tipe
  • Gestational Diabetes Mellitus
Pada orang normal, karbohidrat yang berupa makanan yang mengandung zat tepung ketika dikonsumsi akan diubah menjadi glukosa dalam saluran pencernaan, dengan bantuan insulin Glukosa ini kemudian akan dibawa oleh darah keseluruh tubuh dan masuk kedalam sel untuk dimanfaatkan sebagai energi.
Pada penderita diabetes mellitus gula tidak dapat atau sukar masuk ke dalam sel. hal ini disebabkan karena kelenjar pankreas memproduksi insulin kurang dari yang dibutuhkan atau bisa juga disebabkan karena aktivitas reseptor insulin menurun sehingga sel tidak dapat memberikan respon yang baik terhadap insulin walaupun insulinnya berkecukupan sehingga kadar glukosa dalam darah meningkat.

Tanda dan Gejala Diabetes Mellitus

Tanda awal yang dapat diketahui bahwa seseorang menderita DM atau kencing manis yaitu dilihat langsung dari efek peningkatan kadar gula darah, dimana peningkatan kadar gula dalam darah mencapai nilai 160 – 180 mg/dL dan air seni (urine) penderita kencing manis yang mengandung gula (glucose), sehingga urine sering dilebung atau dikerubuti semut.

Penderita kencing manis umumnya menampakkan tanda dan gejala dibawah ini meskipun tidak semua dialami oleh penderita :

1. Jumlah urine yang dikeluarkan lebih banyak (Polyuria)
2. Sering atau cepat merasa haus/dahaga (Polydipsia)
3. Lapar yang berlebihan atau makan banyak (Polyphagia)
4. Frekwensi urine meningkat/kencing terus (Glycosuria)
5. Kehilangan berat badan yang tidak jelas sebabnya
6. Kesemutan/mati rasa pada ujung syaraf ditelapak tangan & kaki
7. Cepat lelah dan lemah setiap waktu
8. Mengalami rabun penglihatan secara tiba-tiba
9. Apabila luka/tergores (korengan) lambat penyembuhannya
10.Mudah terkena infeksi terutama pada kulit.

Nah, itulah beberapa tips Cara Mengetahui Tanda dan Gejala Penyakit Diabetes Mellitus. Semoga tips ini bermanfaat untuk anda pembaca infoternew.

1 komentar:

Unknown said...

Jangan sampai anda telat menyadari gejala diabetes, lakukan pemeriksaan dini. Di bingkis.co.id lagi ada diskon pemeriksaan gejala diabetes dari Biotest

Post a Comment