Cara Mengobati Bronkitis

Apa Itu Bronkitis?

Cara Mengobati Bronkitis - Penyakit yang banyak diderita manusia salah satunya adalah penyakit Bronkitis. Penyakit bronkitis adalah gangguan pada saluran pernapasan, dimana proses masuknya udara ke dalam paru-paru mengalami gangguan. Ini terjadi karena ada peradangan pada selaput lendir bronkus. Dan penyakit Bronkitis menurut jenisnya terbagi menjadi dua, bronkits akut dan bronkitis kronis.


Cara Mengobati Bronkitis
Penyebab Bronkitis
Pada bronkitis akut, penyebabnya dikarenakan epitel bronkus terinfeksi oleh virus. Infeksi virus ini menyebabkan peradangan dan timbul lebih banyak lendir yang mengganggu sistem pernapasan.

Untuk bronkitis kronis penyebab utamanya adalah karena kebiasaan merokok, ini menjadi sebab paling banyak terjadi. Kemudian bisa juga karena ada zat lain yang masuk ke dalam saluran napas, seperti polusi udara misalnya. Pada bronkitis kronis penderitanya lebih banyak kaum pria, karena perokok aktif juga kebanyakan kaum pria.

Gejala Bronkitis
Batuk terus menerus dan tidak kunjung sembuh dalam waktu lama adalah gejala utama pada penyakit bronkitis. Dan beberapa tanda-tanda yang biasanya dirasakan penderita bronkitis adalah:

Batuk yang mengeluarkan dahak, terkadang dahaknya berwarna kemerahan.
Sesak napas ketika melakukan aktifitas fisik.
Sering terkenan penyakit jenis infeksi pernapasan seperti flu.
Bengek
Merasa lelah dan letih.
Terjadi pembengkakan pada daerah pergelangan kaki, kaki dan tungkai kiri dan kanan.
Pada daerah wajah, telapak tangan atau selaput lendir yang berwarna kemerahan.
Sering merasa sakit kepala.
Terjadi gangguan pada penglihatan.

Makanan Pantangan Bronkitis
Beberapa makanan pantangan harus dihindari para penderita bronkitis. Ini untuk mencegah bertambah parahnya penyakit ini. Tetapi yang utama, bila penyebabnya adalah karena rokok, maka penderita harus benar-benar menghentikan kebiasaan merokoknya. Selain itu ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu dan mengakibatkan penyakit bronkitis semakin memburuk, sebaiknya hindari jenis makanan dibawah ini:
  • Jenis makanan yang bisa menyebabkan alergi, contoh: ikan, kerang, kacang-kacangan, susu, telur, gandum, kedelai.
  • Jenis makanan yang mengandung sulfida, contoh: udang, buah-buahan dan sayuran kering, serta acar.
  • Jenis makanan yang bisa menyebabkan timbulnya lendir menjadi lebih banyak, contoh: tepung putih, gula putih, coklat dan roti putih.

Berhenti merokok, mengubah gaya hidup dengan pola hidup sehat, memperbanyak minum air putih serta memperbanyak aktifitas fisik dan olahraga, akan sangat membantu untuk penyakit bronkitis ini.

0 komentar:

Post a Comment